-->

MACAM MACAM TIPE DATA DI DALAM PEMOGRAMAN BAHASA JAVA

JENIS - JENIS DAN MACAM MACAM TIPE DATA DI DALAM PEMOGRAMAN BAHASA JAVA

Nama    : M.Nabil dawami
Kelas     : x tkj 1
Mp.        : pemograman dasar


Sebelum kita  membahas tentang macam-macam tipe data kita harus mengerti dahulu apa itu tipe data.

Tanpa membuang waktu kita langsung aj ke tkp ya Lesgo cuyy:

1.Pengertian tipe data

   Tipe Data adalah"sebuah pengelompokan data untuk memberitahu compiler atau interpreter bagaimana programmer ingin mengolah data tersebut”

Seperti kalian memiliki program yang berbentuk variabel dan berbentuk angka bagaimana kita bisa mengelompok kan mereka sehingga antar variabel dan angka tadi menjadi suatu output yang kita inginkan disinilah pentingnya "tipe data"  sehingga kita bisa membuat program secara benar dan pasti tentang apa yang ingin kita buat didalam program nantik dari algoritma awal hingga akhir.

  Jadi saya harap kita sudah mengerti apa itu yang nama nya Tipe data dan fungsi nya selanjutnya kita akan membahas tentang macam-macam tipe data di dalam java.

2.)macam-macam tipe data
     Ada 2 pembagian didalam tipe data java ini yaitu tipe data sederhana atau primitif yang terdiri dari  Byte, short, int, long, char, float, double, dan bolean merupakan tipe data sederhana yang dimiliki pemrograman Java.  Selain tipe data sederhana/primitif, java juga memiliki tipe data referensi berupa class, array, dan interface.

Jadi kita akan membahas ini satu persatu:


A.Tipe data sederhana atau primitif
       
         Tipe data primitive atau tipe data sederhana adalah Tipe data yang mampu menyimpan satu nilai tiap satu variable. dan Tipe data primitif ini pula tipe data yang sangat familiar dikalangan program karena merupakan tipe data dasar yang sering dipakai.ada 4 macam yaitu seperti : integer,Floating point,char,dan boolean.

1.integer

     Tipe data  integer adalah  tipe data yang digunakan untuk merujuk kepada tipe data apapun yang merepresentasikan bilangan bulat, atau beberapa bagian dari bilangan bulat. Disebut juga sebagai Integral Data Type.
Tipe data yang masuk menjadi bagian dari tipe data integer adalah byte, short, int dan long. Semua tipe data ini bersifat signed, yaitu bisa mempresentasikan nilai positif dan negatif. Tidak seperti tipe data lainnya, Java tidak mendukung tipe data unsigned yang hanya bisa mempresentasikan nilai positif.

a.)Byte

    Yang pertama di dalam bagian tipe data integer yaitu tipe data byte umumnya tipe data ini  digunakan pada saat kita bekerja dengan sebuah data stream dari suatu file maupun jaringan, yaitu untuk keperluan proses membaca/menulis.Tipe data byte juga digunakan untuk menghemat ruang pada array yang besar. Nilai minimum pada data byte ini yaitu -128.Sedangkan nilai maksimum nya yaitu 127 jadi jika kita jumlah kan -1 dan nilai default nya adalah 0.

b.)Int

    Tipe data yang kedua yaitu int adalah tipe data yang merupakan tipe yang paling banyak dipakai dalam merepresentasikan angka dalam Java, sebab dianggap paling efisien dibandingkan dengan tipe-tipe integer lainnya. Tipe Int banyak digunakan untuk indeks dalam struktur pengulangan maupun dalam konstruksi sebuah array.Selain itu, secara teori setiap ekspresi yang melibatkan tipe integer byte, short, int, long) semuanya akan dipromosikan ke int terlebih dahulu sebelum dilakukan proses perhitungan.            
      Dan tipe data ini  digunakan secara umum untuk menampung nilai nilai integral di dalam program. Tipe data int merupakan integer 32-bit yang bersifat signed.nilai minimum dari tipe sata ini yaitu -2.147.483.648. Dan nilai maksimum pada tipe data ini adalah 2.147.483.647.

c.)Short

    Sama seperti dari nama nya ini hanya bisa digunakan untuk angka yang kecil. Tipe data yang memliki ukuran 16 bit yaitu nilai integer dengan nilai minimum -32.767 dan nilai maksimum +32.767. Tipe data short sama halnya dengan tipe data byte, digunakan untuk angka yang kecil tetapi  short menyatakan nilai array  yang lebih besar dari tipe data byte.Tipe data short juga dapat menghemat ruang yang seperti data byte.Nilai default adalah 0.

d.)Long

       Tipe data long digunakan untuk menampung nilai-nilai dengan jangkauan nilai yang lebih dari tipe data int.Tipe ini  juga digunakan untuk kasus-kasus tertentu yang nilainya berada di luar rentang tipe int, karna tipe ini punya range paling tinggi dibanding Integer lainnya. Dengan kata lain, tipe long terpaksa digunakan jika data memiliki range diluar range.kemudian tipe data ini memiliki spek dengan  default 01 dan memiliki nilai  minimum: -9.223.372.036.854.775.808.
Dan nilai maksimun: 9.223.372.036.854.775.807.

2.Floating point

    Tipe data yang kedua didalam  tipe data primitif yaitu tipe data floating point yang "digunakan untuk merepresentasikan nilai-nilai yang mengandung pecahan atau angka decimal di belakang koma, seperti 3.1416,5.25, dan sebagainya". Bilangan semacam ini disebut sebagai bilangan riil. Dalam Java tipe ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu float, dan dou.



a).Float
      Tipe ini digunakan untuk menandakan nilai–nilai yang mengandung presisi atau ketelitan tunggal (single-precision) yang menggunakan ruang penyimpanan 32-bit. Presisi tunggal biasanya lebih cepat untuk processor-processor tertentu dan memakan ruang penyimpanan setengah kali lebih sedikit dibandingkan presisi ganda (double precision). Ukuran memori  pada tipe data ini adalah 32-bit Digunakan untuk bilangan desimal selain itu untuk  Default value adalah 0.0f.dan tipe data ini pula Tipe data float tidak pernah digunakan untuk nilai-nilai seperti nilai mata uang.

b.)Double
     Tipe ini mengandung tingkat ketelitian ganda atau presisi ganda (double precision) dan menggunakan ruang penyimpanan 64-bit untuk menyimpan nilai. Tipe double tentu lebih cepat untuk melakukan perhitungan-perhitungan matematis daripad tipe float. Untuk perhitungan yang bersifat bilangan riil dan menghasilkan hasil yang lebih akurat, maka lebih baik menggunakan tipe double.dan tipe data double ini biasanya digunakan sebagai tipe data default untuk nilai desimal..


3. Char(Tipe Data Karakter)
      Tipe data char merupakan tipe untuk menyatakan sebuah karakter.  Java menggunakan karakter Unicode untuk merepresentasikan semua karakter yang ada .  Tapi apa kalian tau apa itu Unicode pasti kalian belum tau kan yok kita bahas bersama-sama karakter unicode ialah sekumpulan  karakter yang terdapat pada semua bahasa, seperti bahasa Latin, Arab, Yunani dan lain-lainnya. 
        Karena bahasa Java dirancang untuk dapat diterapkan di berbagai macam platform, maka Java menggunakan karakter Unicode ya bisa dikatakan sih supaya para programmwr tidak kesulitan dan java tidak akan ditinggalkan sih dengan kapasitas yang tidak besar cukup hanya membutuhkan ukuran 16-bit. Namun sayang nya Untuk karakter-karakter ini  tidak dapat diketikkan secara langsung melalui keyboard, java menyediakan beberapa escape sequence (pasangan karakter yang dianggap sebagai karakter tunggal). Escape sequence  eits ini bukan string loh dan tidak dianggap sebagai String, melainkan tetap sebagai tipe karakter khusus.yang khas dari java


4. Boolean(Tipe Data Logika)
    Tipe data boolean adalah  tipe data yang hanya memiliki 2 nilai yaitu TRUE (benar) dan FALSE (salah). Tipe data boolean sering digunakan sebagai operator dalam membuat alur logika program. Tipe data ini sangat familiar didalam dunia program ini ditandai dengan kata kunci Boolean. Dalam bahasa Java, nilai benar dipresentasikan dengan kata kunci true dan nilai salah dengan kata kunci false.dan Nilai default dari tipe data boolean adalah false.Kemudian dari pada itu Tipe data ini juga  digunakan sebagai penanda kondisi benar/salah program yang akan kita buat.

B. Tipe Data Referensi atau non primitive
     
      Setelah kita membahas apa itu tipe data primitive kita akan membahas tentang Tipe data reverensi atau non primitive.
      Tipe data Referensi atau non primitive adalah tipe data yang di referensikan sendiri oleh programmer dan biasanya berisi leboh dari satu nilai.Tipe data ini pula memiliki beberapa macam tipe data yaitu seperti:class,array,dan interface.
Apa itu kita akan membahas nya :

1. Class
    Tipe data yang pertama dari bagian tipe data Reverensi yaitu tipe data class atau  cetak biru (blueprint) atau prototipe/kerangka yang berfungsi sebagai mendefiniskan variabel-variabel (data) dan method-method (perilaku) umum dari sebuah objek.
     Dari kesimpulan di atas kita dapat mengetahui bahwa class adalah sebuah kesatuan yang terintegrasi antara method dan data yang mengacu pada suatu objek.

  sebenarnya dalam dunia pemograman  kelas tidak jauh berbeda dengan tipe data sederhana. Namun Perbedaannya terletak padaperbedaan mendeklarasikan variabel jikalau tipe data sederhana variabel normal sedangkan class mengunnakan variabel berupa objek.Atau sering disebut dengan referensi objek (object reference).
Pada saat kita membuat sebuah kelas baru. Sekali didefiniskan, maka tipe data baru ini dapat digunakan untuk membuat suatu objek dari tipe tersebut. Dengan kata lain, kelas adalah pola (template) untuk pembuatan objek, dan objek adalah wujud nyata (instance) dari sebuah kelas. 

2. Array
       Yang kedua yaitu tipe data array. Pengertian dari tipe data ini adalah
 sebuah variabel yang bisa menyimpan banyak data dalam satu variabel.
Array menggunakan indeks untuk memudahkan akses terhadap data yang disimpannya.  
      Indeks dari tipe data array selalu dimulai dari 0. ini juga memiliki kemampuan untuk menggunakan satu variabel yang dapat menyimpan sebuah data list dan kemudian memanipulasinya dengan lebih efektif.
Sebuah array akan menyimpan beberapa item data yang memiliki tipe data sama didalam sebuah blok memori yang berdekatan yang kemudian dibagai menjadi beberapa slot.

3. Interface 
          Tipe data yang terakhir yaitu tipe data  apa itu tipe data interface?????

      Tipe data Interface adalah sekumpulan method yang hanya memuat deklarasi dan struktur method, tanpa detail implementasinya.  Sedangkan detail dari method tersebut berada pada class yang mengimplementasikan interface tersebut. Interface biasanya digunakan bila Anda ingin mengaplikasikan suatu method yang spesifik,  yang tidak diperoleh dari proses inheritance yang lebih terbatas. 
  
       Dan apa itu  Inheritance atau Pewarisan/Penurunan pengertian nya yaitu  "konsep pemrograman dimana sebuah class dapat 'menurunkan' property dan method yang dimilikinya kepada class lain". Konsep inheritance digunakan untuk memanfaatkan fitur 'code reuse' untuk menghindari duplikasi kode program.    yang boleh pada interface hanya tipe data konstan.



Yah....... setelah miko membaco artikel akuko  semoga atasan miko menjadi lebih terang dari biasonyo.....Dan jangan lupo puaso jangan tak puaso kang miko masuk nerako setuju ndak wakk........

      Semoga ilmu yang gua buat di artikel ini bermanfaat dan saya akhiri wabilahitaufik walhidayah assalamualaikum wr.Wb


Seee youuuu....

-Creator: 
 @N.A.M.I_project
-Penulis artikel:
 @muhammad_nabil_dawami




0 Response to "MACAM MACAM TIPE DATA DI DALAM PEMOGRAMAN BAHASA JAVA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel